Wednesday 28 March 2018

Ternyata Menggendong Ada Ilmunya : TICKS

Posted by devinaay on 05:13 with No comments
HAI semuanya !
Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang menggendong. Kenapa cuma sedikit? Karena saya juga masih tahap belajar hehehe..
Yuk, mariiiii...

Jadi, awalnya dahulu kita ini terbiasa melihat Ibu-ibu menggendong anaknya dengan menggunakan jarik diuwel uwel dibelakang dengan posisi bayi berbaring dan kakinya dirapatkan seperti itu atau yang sekarang nama bekennya adalah craddle carry. Salah ngga sih cara gendong seperti itu? Ngga salah kok! Namun sekarang sudah ada update ilmu terbaru bagaimana posisi nya yang lebih pas. Gimana? Yaitu dengan menyesuaikan anatomi tubuh bayi secara alami, jadi beneran mengikuti posisi alami bayi dari sononya hihihi.

Gimana sih caranya?
Jawabannya adalah, TICKS! Hah? TICKS apaan?? Yuk mari disimak, jangan lupa ambil cemilan biar ngga bosen hihhi.

Jadi TICKS ini merupakan singkatan yang secara luas digunakan oleh para penggendong di seluruh dunia yang berisi mengenai aturan dalam menggendong dengan aman dan nyaman^^. Nah berikut ini gambarannya:
Sumber: http://babyslingsafety.co.uk/
Saya bantu jabarkan yaa, hehehe...
TIGHT (Kencang)
Gendongan harus memeluk bayi dengan erat sehingga nyaman digunakan. Jangan sampai kendor yah karena dapat membuat bayi melorot dan tenggelam dalam gendongan yang berisiko menghalangi jalan napas bayi.
 IN VIEW AT ALL TIMES (Terlihat setiap saat)
 Penggendong harus dapat melihat wajah bayi yang digendongnya hanya dengan sekali anggukan dan tidak ada kain gendongan yang menutupi wajah bayi.
CLOSE ENOUGH TO KISS (Mudah dikecup)
Kepala bayi berada dekat dengan dagu penggendong dan dengan sekali anggukan dapat mengecup dahi bayi dengan mudah.
 KEEP CHIN OFF THE CHEST (Jauhkan dagu bayi dari dadanya)
Bayi tidak dalam posisi meringkuk yang dapat membuat dagunya tertekuk ke dadanya  yang akhirnya dapat  menyebabkan pernapasannya terhalang (ini seperti cara gendong yang dahulu), tapi jangan terlalu keatas aka ndangak juga ya.
 SUPPORTED BACK (Punggung yang tertopang dengan baik)
Memposisikan bayi dengan posisi alaminya yaitu tegak dengan dipeluk erat oleh penggendong, jadi bagian dada dan perut pun menempel ke penggendong. 

Begini nih penampakan jelasnya,
Sumber: https://babywearinginternational.org/what-is-babywearing/safety/



Itu beneran gak apa-apa kaki dibegarin gitu masih bayi? Ngga bahaya?
Tentu tidak mom :), posisi kakinya seperti itu adalah posisi alami mereka, atau biasa kita sebut posisi M Shape, jelasnya bisa cek di postingan setelah ini yaa :)


PS: untuk kondisi anak tertentu seperti CBM atau yang lainnya bisa dikonsultasikan lebih lanjut ya kepada dokter atau babywearing consultant :). Semoga kita selalu dimudahkan untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita

See yaa
@devinaay๐Ÿ’—

0 comments:

Post a Comment