Monday 19 June 2017

ILMU MENGGENDONG : POSISI C aka M SHAPE

Posted by devinaay on 00:20 with 3 comments
HAI ~
Saya ingin katakan, ternyata menggendong bayi itu ada ilmunya! 😀
Sebelumnya Saya kira menggendong bayi ya seperti itu, digendong menggunakan jarik (selendang). Namun setelah melakukan perkepoan kesana kesini akhirnya saya menemukan kebenarannya. Bahwa menggendong bayi itu tidak seperti dulu lagi. Salah posisi saat menggendong bayi dapat mengakibatkan pertumbuhan bayi yang terhambat atau hyp-dysplasia (DDH).
Posisi M Shape pada saat ini sangat dianjurkan untuk menghindari cedera atau hyp-dysplasia (DDH) pada bayi. Menurut Hypdysplasia.org DDH merupakan kondisi dimana adanya gangguan yang terjadi karena tulang panjang kaki lepas dari lengkung tulang panggul. Serem yaa? 😓
Menurut SchoolOfBabywearing, posisi M Shape bisa diterapkan oleh bayi dari newborn sampai 12+. Posisi ini terlihat dimana menjaga tulang belakang tetap diposisinya (melengkung) sesuai dengan bentuk anatomi bayi. Saat bayi lahir bentuk tulang belakang bayi melengkung seperti huruf C, nah pada saat ini otot-ototnya belum cukup kuat untuk menopang tulang belakangnya, untuk itu tidak disarankan untuk menggendong dengan cara merapatkan kaki bayi kemudian digendong dengan posisi bayi tidur agar tidak mengganggu struktur tulang belakang bayi yang berbentuk C (melengkung). 


Tapi kalau digendong gitu bisa menyebabkan "ngangkang" gimana? TIDAK yaa, itu adalah mitos yang harus dibuang-buang jauh dari pikiran kita. Intinya pada saat menggendong, posisikan bayi dengan M SHAPE yah, karena ini merupakan posisi paling ideal dalam menggendong bayi. Saat menggendong bayi, pastikan kain gendongan bagian bawah menopang kedua paha bayi, posisi punggung bayi tetap melengkung dan disangga oleh kain gendongan. Berikut ini yang perlu diingat:

Yang mau bertukar pikiran atau cari tau lebih lanjut tentang cara gendong menggendong bisa join grup FBnya click disini 😉 disana banyak banget file-file yang bisa dibaca terkait masalah menggendong yang benar, cara memilih gendongan dll. Saya juga baru join ketika sedang galau memilih gendongan, dan alhamdulillah semakin mengerti.^^

Dan sedikit cerita, sebelum saya menggendong dengan cara MShape, saya menggendong menggunakan gendongan instant yang miring dan sesekali menggunakan jarik (selendang) dan pada saat itu Mila malah rewel, marah seperti berontak. Yah mungkin karena sebetulnya Mila tidak nyaman dengan cara menggendong seperti itu yaa. Dan sekarang lebih nggak rewel digendong secara MShape, mungkin dia udah nyaman nemplok di mamaknya hihihi. Rewel sih sesekali ketika Mila merasa lapar atau minta diganti popoknya^^.


Semoga bermanfaat~

3 comments:

  1. jaman dulu gendongan bayi nggak seenak ini, cuma pake kain aja hehe. makasih infonya!

    ReplyDelete
  2. Ijin copas denganmenyertakan sumber yaaa 🙏

    ReplyDelete
  3. Terimakasih informasinya, ilmu sangat bermanfaat.. :)

    Sweety Popok Bayi Comfort Gold

    ReplyDelete