Friday 5 May 2017

PERSIAPAN SEBELUM MELAHIRKAN SAAT JAUH DARI KELUARGA

Posted by devinaay on 04:41 with No comments
HAI ! 😁

source : merdeka.com


Kali ini Saya ingin berbagi pengalaman tentang persiapan melahirkan ketika jauh dari orangtua maupun jauh dari keluarga..
Ini merupakan pengalaman pribadi ya, jadi bisa saja berbeda setiap orang. Dan ini merupakan pengalaman pribadi saya~

1. Teruslah berdoa tak henti-henti agar diberi kelancaran, keselamatan dan kesehatan saat kehamilan dan persalinan. 

Yang ini PALING UTAMA ya, banyak-banyaklah meminta pada  Sang Pembuat Skenario Hidup. Pada saat hamil suami sering mengajak saya untuk membaca Al-Quran selesai sholat Magrib. Sangat membantu dalam menenangkan kekhawatiran menjelang persalinan. Selain itu sering-sering minta doa kepada suami dan orangtua juga yaa. Mohon ampun untuk semua khilaf dan kesalahan yang pernah dilakukan.

2    2. Siapkanlah Mental dan Fisik agar lebih tenang.   
Yang ini juga tak kalah penting ya. Persiapkanlah jauh-jauh hari Mental dan Fisik sebelum melahirkan, mau melahirkan didampingi orangtua maupun suami juga TETAP HARUS dipersiapkan agak bisa melahirkan dengan normal, Bayi dan Ibu juga sehat.
   Ikutilah kelas ibu hamil, biasanya ditiap Puskesmas atau RS Bersalin biasanya ada jadwal kelas ibu hamil. Dan menurut pengalaman pribadi melakukan senam hamil itu bermanfaat banget pada saat proses melahirkan, proses persalinan lebih lancar.Trust me! :p
Mintalah support suami, setiap ada kegalauan dan kegundahan akan kekhawatiran terkait proses persalinan segera diskusikan dengan suami. Bicarakan apa yang dirasakan, jangan sampai ketakutan semakin membuat stres karena akan berpengaruh pada emosi Bayi didalam perut.

3. Buatlah list kebutuhan untuk Ibu dan Bayi yang harus dibawa.
Persiapkan keperluan Ibu dan Bayi yang harus dibawa saat persalinan. Usahakan sudah dimasukkan dalam Tas, agar sewaktu-waktu jika terjadi kontraksi bisa langsung dibawa tanpa harus mempersiapkan lagi. karena jika dalam kondisi panik ditakutkan nanti ada yang tertinggal. Pada saat itu saya menyiapkan 2 buah tas (1 tas untuk baby dan 1 tas untuk keperluan saya selama di RS). Waktu itu saya melahirkan maju 1 minggu dari HPL, dan untungnya sudah dipersiapkan jadi langsung bawa aja.

4. Carilah seseorang yang bisa memandikan Bayi sepulang dari melahirkan.

Ini juga sangat membantu dikala jauh dari keluarga ya. Saya waktu itu minta tolong mak-mak (bekas dukun bayi) untuk membantu memandikan Mila. Kenapa? karena setelah keluar dari RS hanya saya dan suami saja yang belum terbiasa untuk memandikan bayi. Dan juga setelah melahirkan itu badannya seperti rontok semua πŸ˜‚ (belum bisa jongkok dan juga tidak diperbolehkan mengangkan sesuatu yang berat oleh dokter)
Yang memandikan tidak harus bekas dukun bayi ya, bisa siapa saja seperti bidan, asisten bidan, perawat atau yang sedang sekolah bidan dsb. Disesuaikan saja yang dekat dengan rumah supaya tidak ribet. hehehe

5. Banyak-banyaklah mencari tahu ilmu kesehatan maupun cara merawat Bayi yang benar
Ilmu kesehatan itu selalu berkembang ya, jangan sampai bosan untuk terus mencari tahu karena itu demi kebaikan baby dan kita juga^^
    

Semoga bermanfaat~ πŸ˜…
devinaayπŸ‘€

0 comments:

Post a Comment